Apa yang Dimaksud Dengan Alergi?

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Alergi adalah suatu reaksi sistem kekebalan tubuh manusia pada benda tertentu, yang biasanya tidak menimbulkan reaksi di tubuh orang lain, atau reaksi pada setiap orang dapat berbeda-beda.

Alergi dapat muncul dalam bentuk pilek, ruam kulit yang gatal, atau bahkan sesak napas.

Apa yang dapat memicu alergi?

Sesuatu yang dapat memicu alergi disebut allergen. Normalnya pada sebagian orang alergen tidak menimbulkan reaksi pada tubuh tertentu. Namun, beda halnya pada orang yang memiliki alergi terhadap alergen tersebut, sistem imun akan mendeteksi adanya bahaya bagi tubuh sehingga menimbulkan reaksi.

Alergen pada setiap orang dapat berbeda-beda. Beberapa contoh alergen adalah debu, bulu hewan peliharaan, kacang, gigitan serangga, obat-obatan, dan bahan lateks.

Bagaimana gejala yang ditimbulkan?

Gejala pada setiap orang dapat berbeda-beda. Gejala yang muncul bisa berupa bersin-bersin, hidung berair, mata memerah dan gatal, ruam kulit yang terasa gatal, hingga sesak napas.

Berikut adalah alergi yang menyerang kulit

Ruam adalah peradangan dan perubahan warna yang terjadi pada kulit. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam. Ruam kulit bisa disebabkan oleh alergi, efek samping penggunaan obat atau kosmetik, dan berbagai macam penyakit.

Bagaimana mengobati alergi?

Mengobari alergi harus dengan menghindari apa yang menjadi allergen. Selain itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sehingga akan mendapatkan penanganan yang tepat.