Bisakah Bopeng Hilang Hanya Dengan Menggunakan Vitamin E?

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Ada kepercayaan populer bahwa mengoleskan minyak vitamin E ke bekas jerawat Anda dapat membantu menyembuhkannya, dan mengurangi visibilitasnya. Salep dan krim yang mengandung vitamin E diklaim dapat menghilangkan semua jenis bekas luka.

Namun, sayangnya, tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung fakta tersebut. Penelitian tentang bagaimana vitamin E dapat mengobati jerawat dan menyembuhkan bekas lukanya tidak meyakinkan. Saat ini tidak ada bukti bahwa minyak vitamin E dapat membantu menyembuhkan bekas luka.

Satu studi menemukan bahwa vitamin E dan salep Aquaphor tidak menyembuhkan 90 persen bekas luka pada orang yang baru saja menghilangkan kanker kulit. Dan sepertiga peserta yang menggunakan vitamin E mengalami ruam merah dan gatal yang disebut dermatitis kontak.

Scar acne atrofi (atrophic acne scar) merupakan luka dikulit akibat jerawat. Ini terjadi akibat sel kulit tidak mampu memproduksi kolagen yang cukup untuk mengisi area yang rusak sehingga terjadilah indentasi (cekungan) di kulit. Sejauh ini Vitamin E tidak bisa menghilangkan atrophic acne scar  atau bopeng bekas jerawat.

Dibutuhkan jenis perawatan lain selain Vitamin E dan krim untuk dapat menghilangkan atrophic acne scar  atau bopeng bekas jerawat. Jenis perawatan tersebut dapat ditemukan di klinik kecantikan atau klinik dermatologi.

    • Microneedle therapy

Terapi yang satu ini dilakukan dengan menggunakan jarum-jarum kecil yang ditusuk dengan kedalaman tertentu ke dalam kulit. Tujuannya untuk merangsang terbentuknya kolagen baru pada area skar akne atrofik.

    • Laser resurfacing

Laser resurfacing adalah penggunaan laser CO2 fraksional, Erbium, dan bahan lainnya untuk mengatasi struktur kulit yang tidak sempurna sehingga kulit baru sehat yang lebih rata bisa tumbuh.

Kedua perawatan tersebut dapat membantu menghilangkan scar dengan cara membuat kulit meregenerasi sendiri dengan pertumbuhan kolagen.

Jadi, apakah betul Vitamin E dapat menghilangkan scar? Jawabannya adalah Vitamin E mempunyai manfaat dalam hal lain, namun bukan menghilangkan scar. []