Kulitku Kok Tiba-Tiba Alergi Kosmetik?

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Pernahkah Anda memakai kosmetik baru, lalu tiba-tiba muncul ruam, kemerahan, dan disertai gatal-gatal.

Ternyata ada alasan tertentu kenapa kulit anda bereaksi demikian. Kulit adalah bagian tubuh terluar yang dikenal memiliki berbagai macam molekul protein yang bertindak sebagai skin barrier atau pelindung lapisan kulit.

Banyak bahan pemicu alergi (atau yang disebut dengan alergen) dalam kosmetik mengaktifkan sel T sistem kekebalan dengan berinteraksi dengan molekul di kulit manusia yang disebut CD1a.

Hal tersebut diungkapkan oleh Annemieke de Jong dari Universitas Columbia, New York pada jurnal penelitian daring berjudul “Human T cell response to CD1a and Contact Dermatitis Allergens in Botanical Extracts and Commercial Skin Care Products“. Pada Penelitian tersebut, Anne mengetahui kalau alergen dalam bahan kosmetik dengan sendirinya “melebur” jadi satu dengan molekul CD1a, sehingga mengaktifasi T-Cell dan memunculkan reaksi alergi.

Anne kemudian menjelaskan kalau peneletian selanjutnya bermaksud untuk menemukan cara agar alergen tersebut tidak melebur dengan molekul CD1a, maka tidak akan ada reaksi alergi.

Saat ini, cara yang terbaik untuk mencegah reaksi alergi adalah dengan melakukan testing product dan membeli produk sample, khususnya bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif.  []

Sumber: www. newscientist.com