Bahan Skincare yang Bahkan Lebih Efektif dari Hyaluronic Acid

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Dilansir dari HuffPost, seorang dokter dermatologi menjelaskan riset terbaru tentang bahan skincare yang sangat cocok untuk yang punya kulit kering.

Bahan ini telah digunakan untuk merawat kulit selama bertahun-tahun. “Secara tradisional telah digunakan dalam penyembuhan luka, tetapi baru-baru ini popularitasnya meningkat sebagai bahan perawatan kulit,” kata dokter kulit Heather Woolery-Lloyd kepada HuffPost.

“Bahan ini membantu menarik dan menjaga kelembapan dan hidrasi di kulit dan secara tidak langsung dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan mengganti kelembapan di dalam sel,” jelas dokter Heather lagi.

Apa Nama Bahannya?

Nama bahan tersebut adalah Polyglutamic Acid atau PGA. PGA adalah peptida yang secara alami berasal dari bakteri bacillus di natt, juga dikenal sebagai kedelai fermentasi Jepang.

Kata dokter kulit Seemal R. Desai, asisten profesor klinis di departemen dermatologi di University of Texas Southwestern Medical Center, PGA paling banyak didapatkan dari ekstraksi kedelai dan sintetis labolatorium.

PGA dapat menyerap kelembapan hingga 4.000 hingga 5.000 kali beratnya sendiri, dibandingkan dengan asam hialuronat, yang biasanya menyerap hingga 1.000 kali beratnya sendiri. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan keampuhannya dalam melembabkan dan menghidrasi kulit, dan bahkan ada beberapa penelitian yang menunjukkan potensinya untuk mempercepat proses penyembuhan kulit.

Namun PGA berpotensi mengiritasi atau menyebabkan reaksi alergi pada jenis kulit sensitif. Sangat penting untuk mencoba produk yang mengandung PGA dalam jumlah kecil pada kulit untuk mengujinya dan menunggu 24 jam untuk melihat apakah ada efek samping pada kulit atau reaksi alergi.

Gimana caranya tahu produk PGA apa yang cocok untukmu?

Pertama-tama, kamu harus konsul terlebih dahulu ke dokter dermatologi untuk melihat kondisi kulitmu. Supaya lebih bisa hemat waktu dan uang. Karena dengan konsul ke dokter dermatologi, kamu akan mendapatkan hasil diagnosa yang akurat. []