Cara Mengatasi Kulit Mengering di Musim Hujan

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Dilansir dari Reading Eagle, biasanya memasuki musim hujan atau musim dingin, kulit akan cenderung lebih kering dan lebih gatal.

Eksim atau dermatitis atopik, seperti yang dikenal di dunia dermatologi, mempengaruhi hingga 20% dari populasi, menurut beberapa laporan. Eksim dikenal sebagai gatal yang ruam, dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia dan latar belakang. Kulit yang terkena eksim biasanya kering, bersisik, gatal, dan kadang-kadang dengan kemerahan, daerah basah di wajah, lengan dan kaki.

Menurut dr. Daniel Shurman, Ada tujuh jenis eksim yang berbeda, dan ada kemungkinan beberapa jenis eksim berkembang pada kulit secara bersamaan. Setiap jenis eksim dapat terbentuk di tubuh karena serangkaian pemicunya sendiri dan memiliki persyaratan perawatan yang berbeda.

Eksim tidak dapat disembuhkan, tetapi ada beberapa cara untuk membantu mengurangi gatal dan rasa sakit akibat eksim.

  1. Mandi air hangat selama 5-10 menit di penghujung hari, keringkan kulit dengan lembut, lalu oleskan pelembab yang mengandung ceramide.
  2. Saat mandi atau berendam, sebaiknya gunakan sabun yang lembut dan lembut.  Pembersih non-sabun cenderung menghilangkan minyak baik dari kulit Anda. Sabun ini memiliki pH seimbang yang membuat mereka cenderung menyebabkan iritasi pada kulit.
  3. Pakai moisturizer setelah mandi agar kulit tidak mudah kering. Pakai produk yang mengandung ceramide, karena ceramide membantu mengunci kelembapan ke dalam kulit, yang membantu mencegah kekeringan dan iritasi.

 

Sangat direkomendasikan untuk tetap konsultasi kepada dokter dermatologi agar mendapat saran penanganan eksim yang paling tepat untukmu. []