Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Tahu nggak kalau penuaan kulit bisa datang minimal dari umur 18 tahun? Flek hitam dan keriput bisa muncul di usia yang semuda itu, lho!

Fakta tersebut dapat terjadi seiring dengan perubahan gaya hidup dan perkembangan zaman. Gaya hidup yang mempengaruhi orang-orang untuk memakan makanan yang kurang sehat, banyak terpapar layar dan sinar UV matahari, dan lain-lain, dapat memicu terjadinya penuaan dini. Bahkan, tanda penuaan kulit seperti flek, keriput, dan garis halus, dapat dialami oleh orang-orang yang berisua 20-25 tahun.

Apa saja tanda penuaan kulit?

  1. Kerutan di kulit, kerutan muncul ketika kulit sudah mulai kehilangan elastisitas dan kelembabannya. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.
  2. Kedua adalah flek hitam dikulit, flek hitam muncul ketika kulit sering terpapar sinar UV. Akibatnya kulit memproduksi banyak melanosit untuk menjaga kesehatan kulit.
  3. Ketiga adalah kulit tampak kering, kulit yang kering akan memicu timbulnya kerutan. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengurangi produksi minyak. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan pelembab.

Lalu, bagaimana cara melawan tanda penuaan kulit dan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel? Menghilangkan flek tentu bukanlah hal yang mudah. Cara menghilangkan flek secara permanen membutuhkan usaha waktu dan konsistensi.

Sebagian besar bentuk hiperpigmentasi tidak bersifat kanker, menurut Josh Zeichner, seorang dokter kulit yang berbasis di New York dan direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai.

Menurut dokter dermatologi yang telah berpengalaman dalam bidang kesehatan kulit lebih dari 10 tahun, dr. Dina Udayani Swadeshi, menghilangkan flek itu termasuk dalam meratakan pigmentasi kulit. Kenapa pigmentasi?

Karena flek hitam terbentuk dari hiperpigmentasi pada spot kulit tertentu, sehingga spot tersebut menjadi hitam. selain itu, melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari juga sama pentingnya, karena sinar UV matahari dapat menjadi salah satu penyebab berbagai macam masalah kulit, di samping umur yang memang bertambah. Guna menghilangkan flek hitam, anda perlu memfokuskan perawatan pada pigmentasi di spot tersebut dan meningkatkan stimulasi kolagen pada kulit.

Beberapa treatment yang dapat mengatasi flek dan hiperpigmentasi adalah facial. Selain itu, mengurangi inflamasi dan melindungi kulit dari sinar UV matahari merupakan salah satu dari banyak hal penting untuk mencegah munculnya spot hiperpigmentasi. Bila anda memiliki flek yang ingin dihilangkan, anda dapat segera konsultasi ke dokter dermatologi.

Reference:

  1. Hyperpigmentation is a common skin problem. Here’s what you can do about it. www.washingtonpost.com
  2. What to know about hyperpigmentation www.medicalnewstoday.com