Bisakah Menghilangkan Selulit Secara Permanen?

Share supaya bermanfaat

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Apa itu Selulit?

Selama 12 bulan terakhir, jumlah pencarian untuk “cara menghilangkan selulit” telah meningkat lebih dari 170%. Dan dapat dimengerti bahwa setelah satu setengah tahun pandemi yang membuat kita menghadapi tantangan mental dan fisik, kita mungkin merasa tidak pede dengan penampilan kita.

Ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi. Pertama-tama, tidak ada yang salah dengan memiliki selulit. Selulit dapat mempengaruhi orang-orang dari segala bentuk, ukuran, usia dan jenis kelamin. Kedua, selulit tidak membuat Anda kurang berharga dari orang lain. Harga diri anda lebih dari sekadar tubuh yang memiliki selulit

Kata dokter kulit Justin Hexal dan Ph.D. dari Harley Medical Group. Rekha Tailor, seorang dokter keluarga dan ahli kecantikan di Health and Aesthetics, selulit merupakan fenomena yang terjadi karena berbagai faktor. Selulit banyak ditemukan pada kondisi pasca-melahirkan, overweight, dan lanjut usia.

Apakah Selulit Bisa Dihilangkan?

 Selulit tidak dapat sepenuhnya dihilangkan dan tingkat keparahan dan lokasinya terutama ditentukan oleh hormon dan genetika. Namun, kombinasi makan sehat dan olahraga mengurangi jumlah lemak di bawah kulit dan membuat selulit kurang terlihat. Makan makanan yang sehat juga dapat memperbaiki kulit dan jaringan ikat. Olahraga dapat membuat Anda lebih kuat, lebih sehat, dan memiliki kulit yang lebih kenyal. Hidrasi terus menerus dan makan dengan baik dapat mencegah retensi air yang dapat memperburuk selulit.

Tiga hal yang mempengaruhi munculnya selulit adalah:

  1. Hormon

Ketidakseimbangan hormon diyakini menjadi penyebab utama selulit. “Kondisi hormonal tersebut dapat terjadi tidak hanya selama kehamilan dan menopause, tetapi juga selama penggunaan kontrasepsi hormonal dan selama terapi sulih hormon (HRT),” kata dr. Rekha Tailor, seorang ahli kecantikan yang berspesialisasi dalam kesehatan dan estetika. Saat estrogen menurun seiring bertambahnya usia, pembuluh darah dan reseptor paha juga hilang, yang mengakibatkan penurunan aliran darah. Ketika aliran darah berkurang, oksigen dan nutrisi di area ini berkurang dan produksi kolagen berkurang. Sel-sel lemak juga tumbuh dan menonjol dari kolagen, yang dikenal sebagai selulit.

  1. Usia

Selulit menjadi lebih terlihat seiring bertambahnya usia, menipiskan kulit dan mengurangi elastisitas. Ini mengekspos bagian bawah jaringan ikat bergelombang,” kata dr tailor.

  1. Olahraga

Seberapa sering anda berolahraga dapat berdampak terhadap mengurangi selulit. Mengencangkan otot di bawah selulit membantu membuat permukaan kulit tampak halus. Olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga dengan intensitas tinggi seperti HIIT untuk meningkatkan pembakaran kalori Anda.

Perawatan Apa yang dapat Menghilangkan Selulit?

Tidak ada selulit yang permanen, tetapi banyak yang dapat memberikan hasil yang bertahan lebih dari satu tahun. Laser adalah jenis perawatan dan aplikasi bermerek yang paling umum digunakan. Ketersediaan perawatan ini atau lainnya tergantung pada dokter di daerah Anda.

Laser Cellulite Reduction menggunakan probe laser kecil yang dimasukkan melalui sayatan kecil tepat di bawah kulit. Laser ini memanaskan jaringan di bawah permukaan kulit dan bekerja di sana. Melarutkan bagian dari septum fibrosa mengurangi ketebalan lapisan lemak subkutan

Laser juga merangsang produksi kolagen dan memperbaiki struktur dan elastisitas kulit. Ini adalah sayatan kecil, tetapi selulit laser. Ini diyakini minimal invasif dan dapat dilakukan dengan aman oleh dokter kulit yang berkualifikasi di bawah anestesi lokal. Downtime biasanya dibatasi 1-2 hari.

Jika anda butuh untuk mengurangi selulit secara cepat, Booking Perawatan Laser dengan Dokter Dermatologi. Di Alifah Clinic, kami menyediakan treatment laser yang prosedur nya dilakukan langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) Prosedur aman, terjamin, dan dilakukan secara rutin untuk mengurangi sellulit.